-->

CIRI SI KECIL MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA

CIRI SI KECIL MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA

CIRI SI KECIL MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA
Setiap anak berbeda-beda. Hal ini mengingatkan kita, para orangtua, bahwa anak yang berada pada usia yang sama bisa jadi memiliki kemampuan berbicara yang beragam. Namun hal ini bukan berarti Anda menjadi lengah, sebaliknya Anda harus waspada.  Apabila buah hati Anda terlihat belum mengucapkan kosakata apa pun saat berusia 2 tahun, hal ini bisa jadi pertanda bahwa buah hati Anda mengalami keterlambatan berbicara. Pada umumnya anak mulai bergumam-gumam atau berceloteh tidak jelas menginjak usia 1 tahun pertamanya. Lalu mulai bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat-kalimat pendek di usia 2 tahun.
Bila si kecil tidak menunjukan tanda-tanda tersebut Anda harus merasa khawatir dan segera konsultasi dengan dokter, agar si kecil mendapatkan penanganan dengan segera. Keterlambatan berbicara pada si kecil akan berpengaruh pada kemampuan kognitifnya yang lain, maka dari itu harus segera ditangani dengan serius. Seperti yang Anda tahu bahwa kemampuan berbicara buah hati Anda tidaklah didapatkan dalam waktu sekejap. Hal itu memerlukan waktu dan proses. Proses dimana si kecil bergumam-gumam, mulai memberi respon pada apa yang Anda ucapkan, mengulang ngulang perkataannya, meniru tingkah ataupun perkataan Anda.
Jika ada salah satu proses tersebut yang terlambat sudah tentu akan mempengaruhi hal lainnya dan kemampuan bicara buah hati Anda pun akan terlambat jauh dibandingkan teman-teman sebaya si kecil. Maka dari itu segeralah berkonsultasi dengan dokter bila Bunda menemukan tanda-tanda keterlambatan berbicara pada buah hati. Berikut tanda-tanda yang bisa dijadikan acuan bahwa si kecil mengalami keterlambatan bicara. 
Usia 12 Bulan
1.      Si kecil belum mengatakan sepatah kata pun ketika ia menginjak usia 12 -15 bulan.
2.      Anda jarang melihat buah hati Anda mengucapkan huruf konsonan seperti “p” atau “b” 
3.      Anda tidak mendengar si kecil berceloteh-celoteh atau bergumam layaknya bicara.Si kecil belum mengatakan kata “mama”, “papa” ataupun “dada”.
4.      Si kecil belum bisa menggerakan tubuh untuk melambaikan tangan, menggelengkan kepala atau menunjuk dengan jari.
5.      Anda jarang melihat si kecil menunjuk benda-benda asing yang menarik perhatiannya seperti burung atau pesawat terbang.
Usia 18 Bulan
1.      Si kecil belum mengerti bagaimana caranya berkomunikasi dengan Anda ketika ia membutuhkan bantuan atau menginginkan sesuatu.
2.      Belum memiliki kosakata yang cukup banyak, setidaknya pada usia ini buah hati Anda sudah harus memiliki 6 kosa kata.
3.      Ketika diminta untuk menunjuk salah satu bagian tubuhnya, misalkan hidung atau alis, si kecil tidak mengerti dengan perintah tersebut. Padahal seharusnya pada usia ini si kecil sudah bisa mengerti dan menunjukan paling tidak 1 anggota tubuhnya.
Usia 19 - 24 Bulan
Si kecil tidak memperlihatkan kemajuan dalam perbendaharaan kosa katanya. pada usia 19-24 bulan seharusnya kemampuan si kecil untuk menghapalkan kata-kata meningkat sehingga ia selalu terlihat mempunyai kata-kata baru setiap minggunya
Usia 24 Bulan
1.      Si kecil tidak terlihat menirukan tingkah-tingkah orang-orang disekitarnya atau tidak meniru kata-kata yang didengarnya.
2.      Pada balita perempuan yang berusia 2 tahun, biasanya ia senang bermain dengan bonekanya dan berperan memberi makan atau menyisirkan bonekanya tersebut.
3.      Si kecil masih belum mengerti tentang fungsi-fungsi barang yang biasa terdapat di rumah. Misalnya dia tidak tahu fungsi dari sikat gigi ataupun fungsi dari sendok garpu.
4.      Si kecil belum bisa merespon perintah-perintah sederhana.
5.      Si kecil belum memiliki kemampuan untuk menggabungkan kata-kata menjadi kalimat sederhana.
6.      Si kecil terlihat bingung dan tidak bisa menunjukan gambar yang ada di bukunya ketika diminta menunjuk gambar oleh guru ataupun orang disekitarnya.
Usia 25 Bulan
1.      Si kecil jarang mengucapkan atau menggunakan kalimat-kalimat sederhana ketika bicara. Pada tahap ini setidaknya ia harus sudah bisa merangkai dua sampai empat kalimat sederhana.
2.      Si kecil jarang terlihat bertanya tentang sesuatu hal apapun.
3.      Si kecil belum bisa menyebutkan semua bagian-bagian anggota tubuhnya.
Usia 2,5 Tahun
Anda dan keluarga mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerti apa yang dibicarakan si kecil.
3 Tahun
1.      Si kecil tidak bisa berbicara menggunakan frasa-frasa sederhana.
2.      Si kecil terlihat belum bisa menggunakan kata ganti seperti saya, aku, kamu, dia.
3.      Si kecil belum bisa mengerti perintah-perintah sederhana.
4.      Ketika Anda dan si kecil pergi keluar lalu bertemu dengan orang lain, apa yang si kecil ucapkan tak dimengerti oleh orang-orang.
5.      Si kecil terlihat begitu tersiksa apabila jauh dari Anda.
6.      Si kecil terlihat tidak tertarik bermain dengan teman sebaya nya.
7.      Si kecil terlihat masih berbicara tidak jelas dan terbata-bata. Padahal pada usia 3 tahun kemampuan berbicara buah hati Anda seharusnya sudah mulai ada peningkatan. Setidaknya ketika ia berbicara sudah mulai bisa dimengerti oleh Anda ataupun orang lain di sekitarnya.
Usia 4 Tahun
1.      Si kecil tidak bisa menggunakan dan membedakan kata ganti saya, aku dan kamu.
2.      Si kecil belum menguasai cara pengucapan konsonan.
3.      Si kecil belum memahami mengenai konsep “sama” dan “berbeda”.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...