-->

PERADANGAN PADA KULIT (PSORIASIS)

PERADANGAN PADA KULIT (PSORIASIS)

PERADANGAN PADA KULIT PSORIASIS

Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit yang muncul dalam beberapa bentuk. Dua yang paling umum adalah:
  1. Guttate psoriasis. Jenis ini lebih umum terjadi pada anak dibanding orang dewasa. Tidak bersisik atau tebal seperti plaque, tapi kecil seperti bintik. Biasanya muncul pada batang tubuh dan tungkai lengan.
  2. Plaque psoriasis, ini jenis yang paling umum. Kemungkinan bayi mengalaminya bila ia memiliki bagian kulit yang timbul, tertutup oleh sisik, dan berwarna putih-perak. Plaque psoriasis bisa muncul dimana saja, meski sering ada pada siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bawah.
    Pada kasus yang ringan, hanya ada beberapa luka, tingkat menengah dengan 3 hingga 10 persen tubuh tertutup psoriasis, dan untuk kasus berat, lebih dari 10 persen dan kadang seluruh tubuh tertutup. Sebenarnya Bun, psoriasis tidak terlalu umum pada bayi. Yang lebih mungkin pada usia ini adalah cradle cap (jika muncul di kulit kepala bayi) atau ruam popok bila ada pada area genitalnya. Kurap juga bisa mengakibatkan kulit berwarna merah dan bersisik. Eczema, yang sulit dibedakan dari psoriasis, jadi kemungkinan lainnya. Periksakan anak ke dokter untuk mendapat diagnosa yang pasti. 
    Jenis psoriasis pada bayi sangat umum menyerang area popok. Tapi bayi masih bisa mengalaminya tanpa gejala psoriasis di area popok. Kemerahan juga muncul pada lipatan kulit di bawah ketiak, di bawah lutut, di area pangkal paha, dimana kulit terlihat terang, bersinar, dan berwarna merah. Psoriasis pada bayi juga ada pada lengan, kaki, dan bahkan kulit kepala. Kulit bayi yang terkena psoriasis biasanya tidak terlihat tebal dan bersisik seperti yang umum terjadi pada orang dewasa.
    Bila menyerang pantat, terlihat seperti ruam popok yang tidak sembuh setelah diobati, meski dengan obat anti jamur yang diresepkan dokter dan bertahan hingga berbulan-bulan. Psoriasis pada bayi juga terasa gatal, khususnya pada kulit kepala, dan bayi yang sudah cukup besar bisa menggaruknya di area yang berwarna merah.

    Penyebab psoriasis
    Kebanyakan sel kulit tumbuh dan terlepas setiap 28 hingga 30 hari. Bila bayi mengalami psoriasis, sel kulit di area tersebut matang tiap 3 hingga 4 hari. Luka yang timbul dan bersisik sebenarnya adalah kumpulan kulit. Warna merah disebabkan darah yang terpompa ke area tersebut. Tidak diketahui kenapa tubuh mengatur sel kulit sangat cepat, tapi kemungkinan dipicu oleh sistem kekebalan tubuh. Ada juga faktor genetik, sekitar sepertiga dari jumlah penderita psoriasis memiliki setidaknya satu anggota keluarga dengan kondisi yang sama. Meski mungkin juga anak yang mengalami psoriasis tidak memiliki riwayat keluarga yang mengalaminya.
    Anak yang terkena psoriasis kadang dipicu oleh penyakit seperti pilek atau tonsillitis. Cedera luka, misalnya akibat garukan atau cakaran, bisa membuat kondisi bertambah buruk. Anda mungkin perlu memakaikan kaos tangan pada tangan bayi jika ia selalu menggaruknya, terutama saat tidur. Lebih dari 4,5 juta orang dewasa di Amerika mengalami psoriasis, dan sekitar 20 persen dalam kasus menengah hingga berat. Psoriasis terjadi pada pria maupun wanita, dan sedikit lebih sering pada keturunan Kaukasia dan Afrika-Amerika. Psoriasis jarang muncul pada keturunan Asia.
    Anda bisa terkena psoriasis pada usia berapapun, tapi muncul paling sering antara usia 15 hingga 35 tahun. Satu dari 10 pasien psoriasis mengalaminya saat kecil, dan 75 persen pasien menunjukkan gejala sebelum usia 40 tahun. Semakin dini psoriasis muncul, semakin mungkin untuk kambuh lagi dan menyebar. Psoriasis terasa tidak nyaman dan kadang sakit, bisa juga gatal dan bila cukup parah dapat menyebabkan kulit pecah dan berdarah. Psoriasis umumnya terlihat lebih parah dari eczema, berwarna lebih merah dan bersisik, sedangkan eczema biasanya berwarna merah muda dan kurang bersisik, meski lebih kasar teksturnya. Dokter bayi Anda bisa membantu memastikannya dengan memeriksa kulit bayi dan mungkin mengambil contoh serpihan kulit untuk diperiksa di bawah mikroskop.
    Faktor resiko untuk psoriasis
    Psoriasis tidak menular. Psoriasis adalah reaksi terhadap sistem kekebalan tubuh dan tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, jadi tidak menular. Bahkan tidak menyebar pada kulit anak. Beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan kemungkinan munculnya psoriasis antara lain:
    1.       Obesitas. Plaque yang dihasilkan oleh psoriasis sering muncul pada lipatan kulit.
    1. Infeksi. Demam atau penyakit infeksi yang memicu respon sistem kekebalan tubuh, membuat psoriasis lebih mungkin muncul.
    2. Obat tertentu. Obat tekanan darah tinggi dan obat untuk mencegah malaria terbukti meningkatkan resiko psoriasis.
    3. Iritasi kulit. Iritasi dari kulit yang digaruk, terbakar sinar matahari, atau ruam bisa membuat psoriasis muncul lebih mudah.
    4. Stres. Stres tingkat tinggi bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membuat gejala psoriasis bertambah parah
    5. Cuaca dingin. Di musin hujan, anak biasanya lebih banyak berada di dalam ruangan dan kurang mendapat sinar matahari. Paparan sinar matahari yang cukup bisa membantu mengatasi psoriasis.
    Penanganan untuk psoriasis
    Mulailah dengan membawa anak ke dokter untuk memastikan pengobatan yang paling tepat. Karena psoriasis tidak umum pada bayi dan bisa mirip dengan ruam kulit, dokter perlu mengkonfirmasi ruam yang Anda anggap sebagai psoriasis. Jika kondisinya parah atau terus-menerus, dokter bisa memberi rujukan ke ahli kulit. Ada banyak pilihan untuk penanganan psoriasis, bergantung jenisnya, lokasinya, dan seberapa parahnya. Jika ringan, dokter bisa meresepkan obat luar yang aman dan efektif. Obat sederhana seperti menambahkan minyak ke air mandi atau menggunakan pelembab pada kulit juga bisa membantu.
    Bila psoriasis bayi lebih parah, perlu ditangani dengan terapi ringan atau obat oral. Jika rasa gatal yang jadi masalah, dokter bisa meresepkan antihistamines dan bila terlihat ada infekis bakteri (karena digaruk) dokter bisa memberikan antibiotik oral. Mengobati psoriasis pada bayi lebih sulit dari orang dewasa karena ada resiko efek samping dari obat psoriasis. Steroid topikal bisa diresepkan, juga shampo tar. Sering kali proriasis pada bayi cenderung ringan dan hilang tanpa pengobatan. Jika  tidak, agak sulit untuk mengobatinya.
    Dokter mungkin meresepkan vitamin D analog topikal dan obat calcineurin inhibitor yang bekerja dengan cara berbeda dari obat steroid berbahan dasar kortison. Pada beberapa kasus, dokter bisa meresepkan penggunaan krim corticosteroid topikal atau obat bernama Dovonex. Psoriasis pada bayi juga bisa diatasi dengan terapi tanpa obat. Menjaga kelembaban kulit tetap baik dan secara teratur menggunakan lotion atau krim bisa membantu meredakan kulit kering dan gatal yang disebabkan oleh psoriasis. Pengobatan ala rumahan lain yang bisa membuat bayi nyaman adalah mandi air hangat.
    Psoriasis pada bayi tidak boleh diobati tanpa rekomendasi dan pengawasan dokter. Sayangnya sulit diprediksi apakah psoriasis pada bayi akan hilanga atau berlanjut hingga masa kanak-kanak. Ruam kulit kronis yang datang dan pergi biasa terjadi ketika bayi tumbuh. Ada yang hilang selama beberapa tahun, atau hilang seterusnya, tapi ada juga yang bertambah parah seiring pertambahan usia.

    Bunda, psoriasis cenderung kronis dan bersiklus, kambuh dan membaik, berkurang lalu muncul lagi. Dengan kata lain kondisi ini tidak bisa diprediksi, tidak bisa diketahui kapan puncaknya, berapa lama, atau apakah kondisi ini akan hilang selamanya. Tapi dengan bantuan ahli kulit Anda bisa membantu anak mengatasinya.

    Disqus Comments

    BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

    Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...