-->

Mainan Anak Usia 3 Tahun Yang Cocok dan Aman

Mainan Anak Usia 3 Tahun Yang Cocok dan Aman

Mainan Anak Usia 3 Tahun Yang Cocok dan Aman
Anak usia 3 tahun memang sukanya bermain sambil belajar. Dengan bertambahnya usia anak maka bertambah pula rasa keingintahuannya. Oleh karenanya anak-anak belajar mengenal dunia sekitarnya melalui bermain. Sebagai orang tua tentu kita perlu memberikan permainan yang bukan hanya membuat anak menjadi tidak mudah bosan dan terhibur tetapi juga permainan yang dapat membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya sehat sekaligus permainan mendidik yang membuat anak cerdas.


Ada berbagai macam mainan anak untuk usia 3 tahun keatas. Jadi anda sebagai orang tua harus bisa memberikan mainan anak yang cocok dan aman tentunya untuk sibuah hati anda. Bermain bersama anak memberikan dampak positif dalam perkembangan jiwa anak dan melatih kecerdasan emosionalnya karena dapat mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak.
1. Puzzle
Dengan mainan ini anak akan merasa tertantang bagaimana cara bermain ini. Karena dalam bermain puzzle anak harus dituntut cerdas dan pandai dalam merangkai sesuatu. Puzzle juga bisa dipakai untuk anak usia dibawah 3 tahun. Namun untuk puzzle 3 tahun mestinya tantangannya harus yang lebih lagi dari  pada puzzle biasa.

2. Musik

Dengan bermain musik anak bisa menambah wawasan dalam hal seni. Termasuk belajar bernyanyi. Anak usia 3 tahun yang mempunyai bakat musik, pasti akan suka ketika melihat jenis jenis alat musik. misalnya gitar, piano, drum dan lain lain. Jika anak anda mempunyai bakat bermain musik, ajarkanlah untuk bermain musik. Karena anak usia 3 tahun perkembangan otaknya sangat tinggi sehingga belajar musik serasa mudah baginya.

3. Lempar tangkap tendang bola
Gunakan bola pantai yang berukuran kecil atau sesuai dengan usia anak Anda. Bagi yang punya anak laki laki, pasti alat seperti ini sangat disukai oleh anak anda. Karena sudah sifat laki laki jika mereka menyukai bola dan belajar menendangnya. Kegiatan melempar, menangkap, dan menendang bola selain menyehatkan tubuh juga melatih daya konsentrasi dan penglihatannya.

4. Ayunan
Anak usia 3 tahun sudah berani untuk mengayun tubuhnya. Hal ini karena reflek sering digendong pada masa masih kecilnya. Jadi ketika melihat ayunan pasti anak akan suka dan ingin bermain ayunan.
Namun harus diperhatikan secara ekstra dalam bermain ayunan ini. Karena mainan ayunan tergolong membahyakan jika tidak diawasi.

5. Menggambar, mewarnai, melipat, mengelem kertas Dengan mainan ini, alat yang dibutuhkan hanyalah buku mewarnai dan pensil-pensil warna. Bila Anda memilih memberikan crayon ke anak, pilih crayon yang tidak mengandung racun dan pastikan balita tidak memasukkan crayon ke dalam mulutnya.

Minta anak untuk menggambar benda apa saja yang disukainya. Untuk kegiatan mewarnai, minta anak untuk mewarnai gambar dengan hati-hati agar tidak keluar garis gambarnya. Selalu dampingi dan bantu anak ketika mengelem dan melipat kertas menjadi berbagai macam bentuk yang menarik. Anda juga bisa meminta anak untuk menggambar dengan mengikuti bentuk benda yang Anda berikan.

Masih banyak lagi  mainan anak untuk usia 3 tahun yang cocok dan aman, namun saya baru bisa memberikan contoh seperti yang saya tulis diatas. Semoga dengan bermain ini anak anda akan tumbuh berkembang sesuai dengan harapan kita.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...