-->

TAKARAN KALORI NUTRISI ANAK

TAKARAN KALORI NUTRISI ANAK

TAKARAN KALORI NUTRISI ANAK
Anak yang sudah mulai menginjak usia batita dan balita butuh asupan makanan dan nutrisi yang lebih banyak serta beragam. Di luar sana banyak sekali makanan yang tersedia dan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Meskipun demikian, banyaknya makanan yang tersedia bukan berarti Bunda bisa memberikan semuanya pada si kecil lho yaa. Justru Bunda harus pintar dalam memilih makanan untuk si kecil. Bunda harus tahu bagaimana mengkombinasikan semua makanan yang ada dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan sang buah hati. Sehingga asupan nutrisi hariannya terpenuhi dengan baik, tidak kekurangan maupun kelebihan asupan nutrisi. Untuk memastikan Bunda memenuhi nutrisi harian si kecil dengan baik, perhatikan hal-hal berikut ini yaa Bun,:

Kalori
The American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan kalori harian sebesar 156 kalori per 10 cm tinggi tubuh si kecil. Jadi apabila sang buah hati memiliki tinggi tubuh sekitar 80 cm berarti asupan kalori yang dibutuhkan yaitu sebesar:
10 cm = 156 kalori, berarti 80 cm = 156 kalori x 8 = 1280 kalori
Jadi asupan kalori harian yang dibutuhkan oleh si kecil yaitu sebesar 1280 kalori per hari. Sebenarnya asupan kalori harian yang dibutuhkan oleh setiap anak bisa berbeda-beda. Hal ini sangat bergantung pada seberapa banyak kegiatan yang dilakukan sang buah hati. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan oleh anak maka semakin tinggi pula tingkat metabolisme tubuhnya dan tentu saja anak akan sangat memerlukan banyak asupan kalori. Jika anak termasuk anak yang aktif maka Bunda harus benar-benar memperhatikan asupan kalori hariannya agar dia tidak kewalahan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.
Nutrisi
Dari mana Bunda bisa mendapatkan asupan kalori yang baik untuk pertumbuhan tinggi dan berat badan si kecil? Berikut ini beberapa makanan yang menjadi sumber kalori dan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tinggi dan berat badan si kecil, yaitu Biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, susu dan segala olahan susu, daging, protein (yang terkadang didapat dari beberapa sumber bahan makanan yang mempunyai lemak dan rasa yang manis). Berikut takaran yang dianjurkan sebagai takaran asupan nutrisi harian si kecil:
1.      Biji-bijian 
Yang termasuk dalam kelompok biji-bijian ini adalah tanaman-tanaman yang diambil biji-bijinya lalu dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Tanaman-tanaman tersebut seperti padi, gandum, jagung. Kebutuhan biji-bijian yang dibutuhkan si kecil per harinya yaitu sekitar 142 gram. Bunda bisa mendapatkan nutrisi dari biji-bijian ini dari makanan olahannya seperti roti, sereal, nasi, pasta atau craker.
2.      Sayur-sayuran 
Untuk kebutuhan sayuran harian si kecil, baik sayuran yang sudah dimasak ataupun sayuran segar yang bisa langsung dimakan yaitu sekitar 113 gram per hari.
  1. Buah-buahan
    Asupan nutrisi buah-buahan yang diperlukan sang buah hati adalah sekitar 225 gram per hari untuk buah-buahan kaleng, buah-buahan segar dan buah-buahan yang dimasak, lalu sekitar 375 ml per hari untuk jus buah.
  2. Olahan susu 
Olahan susu ini bisa berupa susu segar, susu bubuk, susu kental, keju, yogurt. Asupan nutrisi harian yang dibutuhkan si kecil yaitu sekitar 500 ml susu segar atau susu yang biasa diminum si kecil dan 150 gram keju atau yogurt.
  1. Daging dan kacang-kacangan 
Asupan nutrisi harian daging dan kacang-kacangan yang dibutuhkan si kecil yaitu sekitar 114 gram per hari. Bunda bisa mendapatkan asupan nutrisi ini dari daging segar, ikan-ikanan, daging unggas, tahu, kacang-kacangan, serta polong-polongan.


Seiring bertumbuhnya si kecil, terkadang nafsu makannya pun mulai berkurang dan sangat susah untuk makan sayur-sayuran sehingga si kecil menjadi sangat pemilih pada makanannya. Hal seperti ini pasti akan terjadi, jadi Bunda harus bersiap-siap dengan hal tersebut. Siapkan berbagai strategi ketika si kecil mulai menolak makanan yang Bunda sajikan. Bunda bisa mencoba mengkombinasikan bahan-bahan makanan yang ada menjadi menu-menu baru yang lebih lezat dan menarik, agar si kecil tetap makan semua nutrisi yang dibutuhkannya. Mungkin Bunda bisa menyiapkan bekal si kecil dengan menghias makanan sesuai dengan tokoh kartun favoritnya, hal tersebutpun bisa jadi menambah selera makan si kecil. Apapun strategi yang Bunda lakukan, Bunda harus ingat untuk tetap menyajikan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian sang buah hati.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...