-->

BATUK KERING PADA ANAK

BATUK KERING PADA ANAK

BATUK KERING PADA ANAK
Penyakit yangs sering dialami oleh anak salah satunya adalah batuk. Batuk adalah gangguan dan gejala umum infeksi paru-paru. Tapi, jika anak mengalami batuk kering persisten dan tidak menemukan adanya bantuan dengan perawatan umum, adalah penting untuk segera memeriksakan diri kepada dokter.. Batuk adalah refleks protektif, yang membantu untuk membersihkan saluran udara dari setiap iritasi, lendir, atau benda asing. Terus-menerus terjadi batuk kering bisa menjadi kondisi yang sangat mengganggu  dan  membuat tidur tidak nyenyak. Batuk kering yang persisten biasanya mengikuti setelah pilek atau disebabkan karena alergi, tapi kadang-kadang bisa menjadi gejala yang mengarah pada kondisi serius.

Penyebab Batuk Kering

1.    Batuk pasca-virus : Infeksi seperti pilek dan flu adalah penyebab umum dari batuk terus-menerus pada anak-anak dan orang dewasa. Namun, jenis batuk akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Batuk ini juga bisa sangat sulit untuk diobati. Salah satu alasan di balik kondisi ini adalah bahwa batuk merangsang titik terinfeksi menjadi sensitif dan terus distimulasi bahkan setelah infeksi telah berlalu.
2.    Batuk kebiasaan/psikogenik : Batuk kering ini diamati terutama pada anak-anak dan terjadi setelah infeksi virus. Batuk dapat menjadi keras. Batuk diamati pada siang hari, tetapi intensitasnya mengurangi ketika seseorang sedang tidur.
3.    Alergi : Alergi akibat debu, serbuk sari atau biji-bijian juga dapat memicu batuk kering persisten. Oleh karena itu, anak yang memiliki batuk alergi harus menghindari iritasi ini.
4.    Bronkitis kronis : Bila saluran bronkial tetap meradang cukup lama, maka dapat menyebabkan batuk dengan atau tanpa lendir. Gejala lain termasuk kemacetan, kesulitan bernapas, mengi, dan kelelahan.
5.    Asma : batuk kronis yang berhubungan dengan asma sebagian besar terjadi pada malam hari. Jenis batuk diamati antara ank-anak  yang mengembangkan asma atau pasien yang memiliki asma yang tidak terkontrol. Batuk terkait asma bisa lebih buruk ketika seseorang terkena udara kering, udara dingin, bau tertentu, atau uap kimia.
6.    Refluks asam : Dalam kondisi ini ada aliran mundur dari asam lambung menuju kerongkongan. Hal ini menyebabkan spasme saluran udara yang memicu batuk kering berkepanjangan.
7.    Post Nasal Drip : Batuk dapat disebabkan karena post nasal drip atau sinusitis. Produksi ekstra lendir cenderung menetes ke bagian belakang tenggorokan yang menyebabkan batuk. Meskipun anak merasa lendir menetes ke bawah tenggorokan, jenis batuk ini tidak menghasilkan dahak apapun.
8.    Batuk rejan : Batuk kering, demam ringan, hidung pilek, bersin, dan mata berair adalah gejala umum dari batuk rejan. Namun setelah satu atau dua minggu infeksi, gejala-gejala menjadi lebih buruk dan serangan batuk tak terkendali terjadi.
9.    Laringitis : Laringitis, yaitu peradangan pada tenggorokan, adalah penyebab lain untuk batuk kering terus-menerus. Selain batuk, hal itu juga dapat menyebabkan suara lemah atau suara serak, sakit tenggorokan, sensasi gatal-gatal di tenggorokan, dan tenggorokan kering.
10. Obat :Obat-obatan seperti ACE inhibitor, yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti hipertensi, juga bertanggung jawab untuk batuk kering. Pastikan, ayah dan bunda memberitahu dokter tentang obat ketika mencari pengobatan untuk batuk.

Pengobatan Alami Batuk Kering

Hal ini penting untuk mengobati penyebab yang mendasari dalam kasus batuk kering persisten parah. Namun, Anda dapat mencoba beberapa solusi dan perubahan gaya hidup.
1.    Berkumur garam air : Obat alami terbaik untuk mengobati infeksi tenggorokan adalah berkumur air garam. Untuk mencoba obat ini, rebus 2 gelas air dengan 2 sendok makan garam meja biasa, dan tunggu sampai larutan suam-suam kuku sebelum digunakan berkumur. Dianjutkan mengulangi pengobatan ini setidaknya 3 kali sehari, meskipun Anda dapat menggunakan obat ini sebanyak yang diperlukan. Namun untuk anak, berikan air garam secukupnya saja jika memang dirasa anak masih usia bayi dan belum mampu untuk berkumur.
2.    Madu dan Lada : Madu dikenal karena sifat antibiotik. Madu dan merica adalah kombinasi obat yang sangat baik. Ambil satu sendok makan madu dan sejumput merica bubuk, aduk dengan baik. Kemudian menjilat campuran ini perlahan-lahan. Lakukan ini setiap malam setelah makan malam. Obat ini sangat membantu untuk meredakan masalah batuk kering. Untuk anak, lada jangan terlalu banyak agar tidak terasa pedas.
3.    Vitamin C : Penuhi diri ayah dan bunda serta keluarga dengan vitamin C setiap hari, karena membantu dalam memerangi infeksi dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Ayah dan bunda dapat mengambil suplemen atau makan bahan makanan alami seperti pepaya, jeruk, dan lemon yang kaya vitamin C.
4.    Minum banyak air : Jika anak mengalami batuk kering akibat dehidrasi, maka anak harus minum banyak air untuk menjaga tenggorokan agar tetap lembab. Pada rata-rata, seorang individu harus minum sekitar 2 liter air sehari-hari. Untuk anak, sering-sering diberi minum air terutama air hangat.
5.    Pelembab udara : Dalam kasus anak yangmengalami batuk kering karena udara kering di rumah, pertimbangkan untuk menginstal humidifier. Pastikan keluarga menggunakan air destilasi untuk humidifier dan tetap bebas dari debu. Instalasi humidifier akan memberikan udara lembab yang konstan, yang akan membantu keluarga ayah dan bunda mendapatkan bantuan dari batuk kering.
6.    Terapi uap : Untuk menjaga hidung dan tenggorokan lembab, ayah dan bunda juga dapat mencoba uap inhalasi. Untuk pengobatan ini, mengisi sebuah panci ⅓ dengan air dan menutupinya dengan tutupnya, lalu rebus. Biarkan air mendidih selama beberapa menit. Kemudian angkat panci dari kompor, tutup kepala anak dengan handuk, dan menghirup uap melalui mulutnya.
7.    Obat anti-alergi : Jika anak memiliki reaksi alergi terhadap sesuatu yang menimbulkan batuk, maka hindarilah kontak dengan alergen. Juga, untuk mendapatkan bantuan dari batuk alergi mempertimbangkan untuk mengambil antihistamin.
8.    Obat batuk sirup : ayah dan bunda dapat membeli sirup obat batuk kering yang dijual bebas. Ini akan membantu mengurangi gejala-gejala. Pastikan ayah dan bunda membeli sirup obat batuk untuk batuk kering dan bukan batuk basah.
9.    Makan tepat : Hindari memberi makan makanan pedas dan makan lebih banyak makanan alkali pada anak. Beri makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan diet seimbang akan meningkatkan kekebalan dan mengurangi keparahan batuk kering disebabkan oleh refluks asam.

Cara Diagnosis & Pengobatan Batuk Kering

Perawatan medis ketika menderita batuk persisten dan kronis harus diberikan prioritas utama, karena batuk kering persisten dan lazim bisa menjadi tanda dari gangguan kesehatan yang serius. Penyelidikan awal melibatkan sinar-X daerah dada dan pembahasan rinci sejarah pasien tentang gangguan saluran pernapasan bagian atas. Dokter mungkin juga langsung memeriksa saluran hidung dan tenggorokan bersama-sama, dan CT scan juga dapat dilakukan.
Setelah tes awal dokter mungkin meresepkan pengobatan batuk kering tertentu dan meminta ayah dan bunda untuk melaporkan kembali kepadanya setelah beberapa minggu. Jika pengobatan gagal, maka tes tertentu lainnya dan pemeriksaan akan disarankan untuk penyelidikan lebih lanjut. Dalam banyak kasus, sulit untuk mengetahui penyebab di balik batuk kronis. Namun, bekerja dengan dokter yang baik atau spesialis untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya.
Jadi, penting bahwa ayah dan bunda harus segera mencari perawatan medis, jika anak menunjukkan gejala batuk kering kronis. Namun, jika kondisi anak tidak parah kemudian mencoba beberapa pengobatan pertolongan pertama. Jika pengobatan diatas tidak memiliki efek apapun dalam waktu 10 hari, mintalah bantuan medis.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...