-->

TIPS MENGAJARKAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK LEWAT MAKANAN

TIPS MENGAJARKAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK LEWAT MAKANAN

TIPS MENGAJARKAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK LEWAT MAKANAN

Setiap ayah dan bunda pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh sebagai sosok pribadi yang menyenangkan, mandiri, dewasa dan memiliki budi pekerti yang luhur. Oleh karena itulah, para ayah dan bunda harus mendidik anak-anaknya sejak usia dini bahkan sejak dia masih berada dalam kandungan. Hal itu penting untuk dilakukan, karena mendidik anak tidak bisa instan ketika sudah besar nanti. Dalam mendidik anak pun juga harus benar-benar sempurna, artinya tidak bisa setengah-setengah karena akan berdampak tidak baik bagi perkembangannya. Dan pada usia balita merupakan usia yang sesuai untuk
pemberian stimulus apapun yang baik-baik agar anak dapat tumbuh sesuai dengan yang kita inginkan.
Salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk mendidik anak bunda supaya hidup mandiri bisa dilakukan melalui makanan. Lalu bagaimana caranya? Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengajarkan sikap kemandirian pada anak melalui makanan.

 

Cara mendidik kemandirian anak melalui makanan

Mendidik anak untuk hidup mandiri sejak kecil bukan berarti ayah dan bunda tega atau tidak sayang terhadap anak. Namun dengan mengajari anak untuk mandiri sejak dini, mampu mengembangkan aspek-aspek penting dalam kehidupannya, termasuk aspek kecerdasan. Banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan oleh para ayah dan bunda jika mengajarkan anak mandiri sejak dini di usia balita, beberapa kuntungan tersebut di antaranya:
  1. Mampu mengembangkan rasa percaya diri anak.
  2. Dapat mempersiapkan dirinya untuk tidak selalu kecewa ketika menemui kegagalan.
  3. Dapat pula memberikan kesempatan untuk memilih sendiri apa yang disenangi.
Dengan demikian, bukan hanya ayah dan bunda saja yang mendapatkan keuntungan jika mampu menjadikan anak mandiri, karena dia akan merasa senang bisa mengurusi dirinya sendiri, memilih sesuatu sendiri dan memutuskan hal-hal yang ringan sendiri.

 

Kunci sukses mendidik anak untuk hidup mandiri

Pada prinsipnya ayah dan bunda bisa mengajari anak untuk hidup mandiri melalui kegiatan sederhana sehari-hari. Termasuk melalui aktifitas makan. Berikut ini adalah aktifitas makan yang bisa bunda jadikan media untuk belajar anak hidup mandiri. Mungkin ayah dan bunda perlu mengetahui bahwa melalui makanan seorang anak bisa belajar banyak hal, salah satunya adalah kemandirian. Lalu bagaimanakah prakteknya? Berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan oleh ayah dan bunda untuk melatih kemandirian anak melalui kegiatan makan:
  1. Menyiapkan alat makannya sendiri.
Ajari anak untuk menyiapkan peralatan makan sendiri. Bukan berarti tega, tetapi dengan adanya media seperti itu maka anak akan terbiasa dan dia sangat senang untuk melakukannya. Ayah dan bunda harus menyiasatinya dengan meletakan alat makannya di tempat yang bisa dijangkau olehnya, sehingga dia tidak merasa kepayahan untuk mengambilnya. Tentu tidak lupa diawali untuk mencuci tangannya terlebih dahulu.
  1. Makan sendiri.
Ayah dan bunda jangan pernah melarang atau meragukan untuk dia makan sendiri. Namun berikanlah dia kesempatan menyendok sendiri makanannya dari piring. Pada awalnya, meja makan pasti berantakan karena nasi dan lauk pauk berserakan kemana-mana. Tetapi, tenang saja itu akan berlangsung tidak lama artinya hanya sementara. Ketika anak sudah bisa menggunakan sendoknya dengan benar, menggunakan garpunya dengan benar, maka dia akan memasukan makanannya ke mulut dan tidak lagi berantakan. Kemampuannya akan terasa lebih bisa dan pintar.
  1. Ajaklah untuk makan bersama.
Moment makan bersama memang selalu berhasil memberikan banyak manfaat, termasuk dalam mengajarkan kedisiplinan. Ketika makan bersama dalam suasana yang hangat maka emosi anak akan lebih positif. Dengan demikian, ketika bunda memintanya untuk makan sendiri, dia akan dengan senang hati menuruti apa kata bunda. Terlebih lagi ketika dia melihat tidak ada anggota keluarga lain yang disuapi ketika makan. Maka anak tersebut akan memiliki semangat untuk makan sendiri.
  1. Ajaklah untuk selalu berbelanja makanan bersama-sama.
Berbelanja bukan kegiatan makan, tetapi dengan memulai kegiatan belanja makanan inilah anak akan semakin menyenangi makanannya. Dari situlah dia mulai bisa mengetahui nama-nama buah, sayuran, makanan lain dan minuman. Tentu hal itu dapat menambah dia semakin mengenal banyak kosakata. Dari hasil berbelanja ini, ayah dan bunda jangan ragu juga untuk mengajak anak memasaknya. Dengan demikian anak akan dapat mengetahui proses memasak mulai dari bahan makanan yang dibeli sampai tersaji di meja makan. Mintalah untuk mengambilkan sesuatu yang ringan seperti bumbu-bumbu bawang putih, bawang merah, dan lainnya. Dengan demikian, anak akan dapat hidup mandiri dan percaya diri.
  1. Ajari anak untuk menyiapkan bekal sendiri.
Bukan berarti anak harus memasak sendiri bekal sekolahnya. Bunda bisa memintanya untuk mengambil box makan, sendok, dan perlengkapan lain yang bisa disiapkan olehnya. Dengan begitu bunda sudah mengajarkan dirinya hidup mandiri. Selain itu, bunda juga bisa mengajaknya untuk menyusun makanannya dalam kotak makan. Pilihlah makanan yang mudah untuk disiapkan, seperti roti isi sosis, kroket, roti tawar dengan susu atau selai, buah dan juga jus.
  1. Mengatur meja makan.
Bunda bisa memintanya untuk membantu membersihkan meja makan dengan lap kain, menata sendok, garpu, dan melakukan pekerjaan lain yang ringan. Dengan begitu anak akan terbiasa hidup mandiri.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...