-->

Penyebab Congekan Pada Anak


Penyebab Congekan Pada Anak

ANAK AYAH DAN BUNDA CONGEKAN? APA ITU CONGEKAN?
Congekan adalah infeksi yang terjadi pada gendang telinga. Congekan adalah penyakit yang menyakitkan dan memalukan karena yang pertama kali timbul dalam pemikiran ketika mendengar kata congekan adalah rasa nyeri dan panas tak tertahankan dan keluarnya cairan kuning yang berbau tidak sedap dari dalam telinga. Tetapi apakah sebenarnya congekan itu? Bagaimana itu bisa terjadi? Dan bagaimana cara menyembuhkan congekan? Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang congekan dan cara menanggulanginya ketika itu terjadi pada anak ayah dan bunda.

Congekan adalah istilah yang umum digunakan untuk otitis media, yaitu infeksi telinga tengah yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang berasal dari saluran pernafasan bagian atas. Penyakit ini umumnya terjadi pada balita namun bisa juga terjadi pada orang dewasa. Congekan sering kali ditandai dengan keluarnya nanah atau lendir berwarna kekuningan dan berbau tidak sedap dari telinga.
Congekan sering kali terjadi karena infeksi bakteri pada saluran pernafasan bagian atas seperti batuk pilek atau radang tenggorokan. Bakteri yang ada pada saluran pernafasan menyebar melewati tuba eustachius menuju telinga bagian tengah. Infeksi yang disebabkan bakteri menyebabkan pembengkakan dan penyumbatan telinga bagian tengah. Kemudian sel-sel darah putih akan membunuh bakteri ini dan membentuk nanah atau lendir berwarna kekuningan yang keluar dari telinga.
Congekan lebih umum terjadi pada balita karena tuba eustachius mereka lebih pendek dan berbentuk lebih datar daripada orang dewasa. Inilah yang menyebabkan bakteri dari saluran pernafasan bagian atas lebih mudah menyebar ke telinga bagian tengah. Selain itu, kekebalan tubuh balita masih lebih lemah daripada orang dewasa sehingga menyebabkan mereka rentan terhadap congekan.
Apa gejala yang terjadi pada balita yang terkena congekan?
Ada beberapa gejala umum yang dapat memberitahu ayah dan bunda bahwa balita atau si kecil terkena congekan, antara lain:
o   Adanya nanah/lendir kekuningan berbau tidak sedap yang keluar dari telinga.
o   Anak ayah dan bunda akan sering mengeluh nyeri pada telinganya. Jika dia belum bisa berbicara, dia akan sering menarik-narik atau menggaruk telinganya.
o   Jika si kecil sudah bisa berbicara, dia akan mengeluh telinganya bergema atau berdengung dan terasa penuh.
o   Congekan biasanya terjadi bersamaan dengan batuk pilek, demam tinggi atau sakit kepala.
o   Si kecil akan mengalami kesulitan mendengar dan menyeimbangkan tubuhnya.
Bagaimana cara menyembuhkan congekan?
Jika ayah dan bunda sudah melihat gejala-gejala ini pada telinga si kecil, maka ayah dan bunda harus segera bertindak untuk menyembuhkan congekan. Ayah dan bunda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
o   Berikan obat pereda nyeri atau penurun demam yang mengandung acetaminophen.
o   Bawalah segera ke puskesmas atau rumah sakit bagian THT.
o   Berikan obat tetes telinga dan antibiotik sesuai anjuran dokter.
o   Ayah dan bunda dapat mengorek nanah pada telinga bagian luar tetapi jangan mengorek ke bagian dalam telinga.
o   Ketika si kecil tertidur, posisikan kepalanya agak lebih tinggi dengan menggunakan bantal.
o   Perbanyak minum air putih atau jus buah karena gerakan menelan yang sering akan membantu mengeluarkan nanah dari telinga.
o   Berikan si kecil asupan gizi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.
Lalu nagaimana cara mencegah congekan?
Bagaimana jika si kecil belum terkena congekan dan bunda ingin agar itu tetap tidak terjadi pada si kecil? Ayah dan bunda dapat mencegah congekan pada balita dengan langkah-langkah sebagai berikut:
o   Segera obati si kecil ketika dia terkena batuk pilek, radang tenggorokan, atau demam tinggi.
o   Hindarkan si kecil dari asap rokok karena asap akan menyumbat saluran telinga.
o   Hindari telinganya kemasukan air, terutama ketika mandi atau berenang.
o   Jaga kebersihan tubuh, terutama telinga si kecil. Bersihkan telinganya dengan cotton buds dan sedikit minyak bayi. Namun, bunda perlu mengingat untuk tidak mengorek terlalu dalam.
o   Perhatikan gejala-gejala umum di atas, terutama jika si kecil sering menggaruk atau menarik-narik telinganya.
Congekan adalah salah satu penyakit yang sangat umum terjadi pada balita. Ayah dan bunda tidak perlu panik jika si kecil terkena congekan. Ayah dan bunda dapat membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang anak rasakan dan menyembuhkan congekannya dengan bersikap tenang dan mengikuti langkah-langkah pengobatan sesegera mungkin. Jika ayah dan bunda merasa ragu, lebih baik bawa si kecil untuk berobat ke dokter agar mendapat penanganan yang sesuai.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...