-->

TIPS DAN TRIK SI KECIL MEMELIHARA HEWAN KESAYANGANNYA

TIPS DAN TRIK SI KECIL MEMELIHARA HEWAN KESAYANGANNYA

TIPS DAN TRIK SI KECIL MEMELIHARA HEWAN KESAYANGANNYA
Kehadiran hewan peliharaan di tengah si Kecil tentu membawa nuansa tersendiri. Terutama untuk buah hati Bunda yang masih berusia satu tahun. Sebab anjing lucu dapat menjadi sahabat setia. Sementara kucing yang menggemaskan adalah teman bermain yang sangat mengasyikkan.
Dengan memelihara hewan, Bunda bisa pula mengajari anak arti kelembutan. Sehingga rasa kasih sayang terhadap manusia lain dapat tumbuh dalam dirinya. Misalnya saat si Kecil memegang atau menarik salah satu bagian tubuh binatang peliharaannya, Bunda bisa memperingatkan kalau binatang itu akan merasa kesakitan. “Anda dapat mengatakan kepada si Kecil untuk bersikap baik kepada binatang peliharaan mereka,” ujar Tracy Hogg, perawat sekaligus penulis buku pengasuhan anak Toddler Wishperer.

Selain itu, anak yang memelihara hewan bisa belajar tentang tanggung jawab sejak dini dan merasakan empati dengan makhluk lain. Misalnya saja Bunda dapat meminta si Kecil untuk memberi makan hewan peliharaannya sambil membisikkan nilai-nilai kebaikan. “Kitty sudah lapar, yuk kita kasih makan," kata Tracy Hogg mencontohkan.
Nah, sebelum membiarkan si Kecil berinteraksi langsung dengan hewan peliharaannya, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan. Yakni:
Beri penjelasan tentang hewan yang dipeliharanya
Setiap hewan memiliki kebiasaan sendiri yang berbeda dengan hewan lain. Misalnya kucing yang suka dimanja dengan dielus pada bagian belakang leher dan telinganya, anjing yang doyan bermain sambil berlari-lari, ayam yang doyam mematuk, atau kelinci yang doyan makan selada. Sebelum melepaskan si Kecil langsung berhubungan dengan hewan peliharaannya, sebaiknya Bunda menjelaskan dulu mengenai kebiasaan itu pada si Kecil. Sehingga ia tidak kaget dan bisa beradaptasi.
Awasi si Kecil saat bermain dengan hewan peliharaan
Hewan peliharaan bisa sangat menyenangkan, tapi sekali waktu jadi sangat berbahaya. Maka Bunda harus selalu waspada dan mengawasi kala anak bermain dengan peliharaannya. Biasanya anak yang masih berusia satu tahun akan bermain dengan hewan peliharaan tanpa memperhatikan risiko tindakannya. Bisa jadi suatu kali dia menarik ekor kucing yang bisa menyebabkan peliharaannya itu menjadi marah dan menggigit.
Jauhkan si Kecil dari tempat makanan hewan
Pada usia satu tahun, seorang anak sedang aktif bergerak. Rasa ingin tahunya pada benda asing begitu besar. Hingga tak jarang si Kecil memasukkan berbagai benda ke dalam mulut sendiri. Karena itu, Bunda harus menjauhkan makanan, bedak, atau obat kimia untuk hewan dari jangkauannya.
Jaga kebersihan hewan
Agar hewan peliharaan selalu sehat dan tidak menularkan penyakit pada si Kecil, Bunda harus memastikan kebersihannya. Baik kebersihan kandang, tempat makan dan minum, maupun tubuh hewan peliharaan. Untuk itu, Bunda dan si Kecil harus rajin membawa hewan kesayangannya ke dokter hewan. Tindakan ini dapat mencegah timbulnya virus atau bakteri pada tubuhnya, dan Bunda dapat memastikan kesehatan anak.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...