-->

MENGASAH KREATIFITAS ANAK MELALUI MAINAN PASIR KINETIK

MENGASAH KREATIFITAS ANAK MELALUI MAINAN PASIR KINETIK

MENGASAH KREATIFITAS ANAK MELALUI MAINAN PASIR KINETIK
                Bermain merupakan hal yang disukai dan digemari oleh anak. Tetapi jangan salah sangka terlebih dahulu ya ayah bunda, bermain terus bukan berarti anak tidak belajar. Dengan bermain meeka secara tidak langsung dapat menstimulus perkembangan diri mereka sendiri. Maka dari itu berilah mainan yang mampu mengedukasi anak ayah dan bunda. Jika bermain saja sudah mampu membuat mereka belajar, mengapa harus memaksa anak untuk belajar seperti orang dewasa pada umumnya.

                Ayah dan bunda hindari memaksa anak untuk menuruti apa yang kita inginkan. Jika mereka tidak berkenan, lebih baik berilah pengertian dengan mengajak anak untuk berfikir sebab dan akibatnya. Dengan cara ini anak akan mampu memahami apa yang ayah dan bunda inginkan. Dan jika anak menginginkan sesuatu, hindari untuk selalu menuruti dan selalu melarang. Karena bisa jadi apa yang ingin anak lakukan adalah proses belajar yang seharusnya dilakukan oleh anak seusia mereka.
                Banyak diantara orang tua seperti kita yang selalu melarang anak untuk bermain pasir, dengan alas an bermain pasir dapat menyebabkan tangan kotor, baju kotor. Ayah bunda, ingat slogan iklan sabun cuci baju yang ada di televisi yang bunyinya “Berani Kotor Itu Baik”. Makna dari slogan itu bukanlah mengajarkan anak untuk hidup kotor tetapi lebih agar anak berani untuk mengeksplor apa yang ada disekitarnya.
                Banyak diantara mainan dan cara bermain anak yang dapat menunjang aspek perkembangan mereka. Tugas kita sebagai orang tua lah yang harus memahami kerakter perkembangan mereka agar kita memberikan permainan yang sesuai dengan stimulus yang mereka butuhkan. Karena dengan stimulus yang sesuai, perkembangan akan meningkat dan bertambah lebih baik lagi. Kegunaan dari stimulus yang tepat sendiri agar anak mampu memahami karakter mereka sendiri sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.
                Alat bermain yang disuguhkan bagi anak begitu banyak macamnya. Berilah yang sesuai dengan apa yang si kecil butuhkan. Yang sekarang sedang hits adalah permainan pasir kinetik/ kinetic sand. Pasir bisa menjadi media bermain anak-anak yang menyenangkan. Dengan alat cetak plastik, pasir dapat dibentuk menjadi bunga, istana, dan hewan. Pasir kinetik menjadi alat permainan yang sedang digemari. Pasir yang dilengkapi alat cetak itu memiliki sejumlah varian warna dan tidak lengket. Gerakan otot dan cara berpikir anak juga terasah lewat permainan pasir ini. Permainan tersebut sangat cocok bagi anak yang berusia 3–7 tahun.
Menurut dokter spesialis anak RS Katolik St Vincentius A Paulo (RKZ) dr Irma Lestari P. SpA Mbiomed, bermain bagi anak sama seperti bekerja bagi orang dewasa. Setiap permainan harus disesuaikan dengan tumbuh kembang anak. ”Bermain juga untuk belajar,” jelasnya. Anak bisa bermain sejak tahun pertama pertumbuhannya. Cara dan mainannya tentu disesuaikan. Misalnya, pada tahun pertama, si kecil lebih suka mendengar dan melihat. Jika punya kesempatan bermain sejak dini, anak akan lebih ekspresif. Pasir kinetik aman bagi anak yang berusia lebih dari empat tahun. Mainan itu dapat mengasah kreativitas si kecil. Mereka bisa mempelajari bentuk sekaligus mengenal warna.

Begitu banyak manfaat yang didapat dari bermain pasir kinetik ini. Mulai dari anak dapat mengembangkan aspek kognitif bahkan hingga aspek kreatifnya juga ikut berkembang. Maka dari itu, orang tua hendaknya mengenali terlebih dahulu mainan apa yang hendak mereka berikan kepada si kecil. Dan Pasir Kinetik/ Kinetik Sand mampu menjadi salah satu solusinya agar anak mengembangkan daya pikir dan imajinasinya.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...