-->

BAIKKAH MARAH PADA ANAK

BAIKKAH MARAH PADA ANAK

BAIKKAH MARAH PADA ANAK?
Orang tua dengan anak memiliki hubungan yang begitu unik, dimana keduanya akan dapat saling memicu amarah bahkan karena hal-hal yang sepele. Sebagai orang dewasa, tak jarang kita akan dapat bertindak irasional saat sudah berhadapan dengan anak-anak. Dan bahkan kita pun bisa bertingkah begitu kenak-kanakan mengadapi mereka. Begitu pula sebaliknya dengan anak. Mungkin memang benar, buah hati bisa sangat menyebalkan dan begitu menguji kesabaran ayah dan bunda, akan tetapi sadari bahwa mereka adalah buah cinta yang begitu ayah dan bunda sayangi.

Seorang psikolog menyebutkan bahwa kondisi diatas adalah fenomena yang juga dikenal dengan sebutan “ghosts in the nusery”, adalah keadaan dimana si anak bisa membangkitkan perasaan marah yang terpendam dari masa kanak-kanak orangtuanya. Dan hal ini secara tidak sadar membuat orangtua menujukan respon sedemikian rupa untuk “melawan” kemarahan tersebut. Amarah dan rasa takut dari masa kanak-kanak ini sedemikian kuatnya membuat si orangtua mendapatkan tantangan tersendiri untuk bisa melupakannya. Nah, dengan memahami semua hal ini, maka akan dapat membantu orang tua untuk mengendalikan amarahnya. Dengan memahami bahwa marah dari orangtua bisa sangat “melukai” psikologis anak-anaknya, maka akan dapt membantu ayah dan bunda mengendalikan emosi ayah dan bunda pada mereka.

Berikut adalah cara untuk mengatasi dan menahan amarah kepada anak:
1.       Sadari betul akibat yang akan timbul nantinya
Ketika si anak terus membangkan dengan nasihat yang ayah dan bunda berikan pada mereka, maka mundurlah sejenak dari “pertarungan” yang ayah dan bunda hadapi bersama dengan si anak. Ambil langkah ke luar rumah atau menjauh dari si anak, tarik nafas dalam-dalam dan usahakan untuk memfokuskan diri pada bagaimana meredam amarah ayah dan bunda yang akan meledak. Sadari betul dampak dan akibat yang akan ditimbulkan jika amarah ayah dan bunda meledak pada si kecil. Pada intinya jangan pernah terpengaruh dengan rengekan atau tangisan si buah hati yang akan membuat amarah ayah dan bunda semakin parah. Ingat kembali bahwa mereka adalah buah cinta ayah dan bunda yang sudah seharusnya ayah dan bunda lindungi. Jika ayah dan bunda sudah merasa lebih tenang, maka barulah ayah dan bunda bisa kembali keluar dan bicarakan kembali bersama dengan si buah hati.
2.       Temukan alas an marah dari ayah dan bunda
Ketika muncul kekesalan dan amarah dalam hati, segera ambil waktu ayah dan bunda untuk mencari alasan penyebab ayah dan bunda marah saat ini. Terkadang, saat seseorang merasa tertekan dengan pekerjaannya di tempat kerjanya, membuat mereka lebih mudah bergejolak dan pada akhirnya mereka akan melepaskan stres dan depresi yang dirasakannya pada si buah hati.
3.       Minta bantuan dari orang lain
Umumnya, seseorang akan merasa lebih tertekan dan akan mudah marah saat mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dalam hal ini misalkan, seorang ibu pekerja yang lelah bekerja di kantor dan belum mendapatkan istirahat sementara dirumah mereka memiliki balita berusia 3 tahun yang seringkali rewel. Dengan demikian, untuk menghindari amarah ayah dan bunda meledak pada si buah hati, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain seperti ibu, adik atau mungkin tetangga yang memiliki waktu luang untuk mengasuh si buah hati dirumah. Akan tetapi, jangan pernah menitipkan buah hati pada anak-anak yang masih kecil. Hal ini tentu saja akan membuat keselamatan si buah hati beresiko.
4.       Refreshing/ liburan
Keadaan stres, beban pikiran dan tekanan adalah beberapa sumber yang akan membuat amarah mudah meledak. Saat ayah dan bunda terlalu sibuk bekerja di tempat kerja atau di rumah, mungkin ayah dan bunda butuh refreshing atau rehat sebentar. Dalam hal ini, liburan yang bisa ayah dan bunda dapatkan tidak usah berbentuk liburan mahal dengan mengunjungi tempat-tempat mewah. Dengan duduk rileks di tempat yang berbau alam dengan pepohonan rindang, udara yang segar akan membuat ayah dan bunda merasa lebih rileks dan lebih tenang sehingga amarah akan bisa diredam.

Sangat tidak bijak tentunya saat tekanan dan stress menyerang dalam diri dan membuat kita melampiaskan kekesalan pada kesalahan kecil yang dilakukan oleh anak. Untuk itulah, beberapa hal diatas diharapkan mampu membantu untuk menemukan solusi mengatasi amarah kita sebagai orang tua. Karena pada dasarnya kasar dan marah pada anak tidak baik karena akan membuat psikis anak terganggu dan jika anak trauma, anak ketika sudah dewasa akan mengalami keterbelakangan atau cacat mental.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...