-->

MENCIPTAKAN IDE BERMAIN KREATIF UNTUK SI KECIL KETIKA HUJAN

MENCIPTAKAN IDE BERMAIN KREATIF UNTUK SI KECIL KETIKA HUJAN

MENCIPTAKAN IDE BERMAIN KREATIF UNTUK SI KECIL KETIKA HUJAN
Banyak orang tua masa kini yang masih saja khawatir jika si kecil akan jatuh sakit saat bermain di luar rumah saat hujan datang. Akhirnya, tak sedikit pula yang memaksa anak-anak berdiam diri di rumah menunggu hujan reda. Padahal, anak-anak akan merasa di penjara ketika berada dalam kondisi tersebut. Ada banyak pakar kesehatan yang mengatakan, selama kondisi kesehatan seseorang prima, maka air hujan tidak akan menyebabkan penyakit secara langsung. Yang justru harus diwaspadai adalah jalanan yang licin, banjir, dan petir yang menyambar.

Karena itulah, saat hujan turun jangan lagi biarkan si kecil gundah karena tak bisa bermain di luar rumah. Sebagai orangtua, sudah menjadi tugasnya untuk mengawasi dan memastikan mereka tetap dapat beraktivitas dengan aman seperti biasanya. Mumpung sekarang masih sering hujan, ada beberapa jenis permainan unik dan menarik nih yang bisa kamu lakukan bersama anak-anak.

1.    Kalau ada saluran air di dekat rumah, balapan perahu kertas bisa kamu lakukan bersama si kecil

Asal letaknya tak jauh, seperti di depan atau di samping rumah, ayah dan bunda bisa memanfaatkan saluran air sebagai ‘fasilitas’ untuk bermain. Kalau tak ada, bisa juga memanfaatkan pinggir jalan yang tergenang air hujan untuk bermain balapan perahu yang terbuat dari kertas. Tentu saja sebelumnya ayah dan bunda harus mengajak  si kecil untuk melipat kertas agar berbentuk seperti sebuah perahu. Jangan lupa untuk menggunakan kertas berkualitas baik dan tahan air, sehingga perahu bisa tahan lama saat diguyur air hujan. Ayah dan bunda bisa memakaikan jas hujan atau payung saat keluar rumah agar si kecil tidak basah kuyup.
2.    Perang-perangan dengan pistol air juga permainan yang menarik untuk dilakukan. Percayalah, si kecil akan bahagia dengan basah-basahan
Kalau sebelumnya kamu merasa khawatir rumah jadi becek karena anak-anak bermain pistol air, maka ketika hujan ialah saat yang tepat untuk melakukannya. Biarkan mereka leluasa bermain di luar, sebab ternyata air hujan bisa juga menyegarkan pikiran. Kenakan jas hujan atau payung dan sepatu karet untuk mengeksplor dunia luar saat hujan. Agar lebih menarik dan seru, ikutlah bermain pistol air juga agar suasana lebih menyenangkan.

3.    Ayah dan bunda juga bisa main kemah-kemahan dengan membuat tenda. Bisa di dalam rumah dan sah-sah saja kalau membuatnya di luar rumah

Memasang tenda di luar rumah bisa dilakukan kalau halaman rumah cukup luas. Ayah dan bunda bisa mengajak si kecil berteduh di dalamnya sambil membacakan cerita atau dongeng. Tapi pastikan dulu, apa tenda yang dimiliki sudah benar-benar kedap air? Jangan-jangan nanti anak-anak malah basah kuyup. Kalau tidak, tenda bisa dipasang di dalam rumah saja. Tambahkan selimut agar mereka merasa hangat. Lampu kamar pun bisa kamu redupkan, supaya seolah merasa berkemah di tengah hutan.

4.    Air hujan ternyata juga bisa digunakan untuk melukis lho. Kalau ada lumpur, bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan. Yuk ajak mereka belajar menggambar dengan bahan dari alam!

Permainan melukis dengan air hujan cocok dilakukan ketika hujan rintik-rintik alias tak terlalu deras. Bisa diberi percikkan sedikit serbuk pewarna atau teteskan sedikit cairan pewarna makanan di atas kertas polos. Lalu, letakkan kertas tadi di atas permukaan datar di bawah air hujan. Ajak si kecil untuk memperhatikan reaksi warna di atas kertas saat terkena air hujan. Miringkan kertas ke berbagai arah untuk mencampur warnanya. Kalau ada lumpur, biarkan anak merasakan teksturnya. Ini merupakan bagian eksplorasi alam dan juga latihan kekebalan tubuh. Ambil beberapa lembar kertas dan ajak mereka menempelkan tangan berlumpur ke atasnya. Dari situlah si kecil akan mengenal seni dan kreatifitas serta imajinasinya.

5.    Bermain sambil belajar penting untuk anak-anak segala usia. Ajak mereka mengenal aneka fauna hujan di sekitar lingkungan tempat tinggal

Bukankah ada jenis-jenis binatang tertentu yang akan muncul ketika hujan? Seperti cacing dan kodok misalnya. Ajak si kecil keluar rumah dan kenalkan dengan hewan-hewan itu. Percayalah, hal ini akan jadi pengalaman menarik dan tak terlupakan bagi anak-anak. Dalam kegiatan ini, ajak anak terus mengeskp;lor apa yang ada di sekitarnya agar mereka juga mengenal lingkungannya. Ayah dan bunda bisa juga mengajak mereka mencari tahu kemana si hujan pergi “Dari mana hujan turun, Ma? Ke mana mereka pergi Bunda?” Jika si kecil pernah bertanya tentang hal ini, ajak mereka mengikuti ke mana air hujan mengalir. Ini dapat dilakukan jika jarak rumah tak jauh dari sungai. Dengan begitu, mereka akan mendapat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ‘ilmiah’ yang mereka ciptakan sendiri.
6.    Seluncuran pasti tak asing dong dengan masa kecil ayah dan bunda? Jika ayah dab bunda pernah berbahagia kala itu, maka ajarkan anak untuk mendapat kebahagiaan sederhana pula dari permainan ini
Untuk bermain seluncuran, terlebih dulu siapkan beberapa ember air yang telah dicampur dengan larutan sabun. Setelah itu, tuang seluruhnya ke atas permukaan lantai teras atau halaman belakang rumah secara merata dan permainan seluncuran pun bisa segera dimulai. Agar anak-anak terhindar dari cedera, silahkan pastikan dulu bahwa permukaan lantai rata dan tidak ada bagian yang retak atau tajam yang dapat melukai tubuh mereka. Kebahagiaan macam ini akan terus mereka kenang. Dan dapat menjadi pengalaman yang berharga tak terlupakan dan menyenangkan.
Hujan memang mampu menciptakan kesenangan, tapi kamu harus tetap mendampingi dan mengawasi mereka saat asik bermain. Jangan sampai si kecil malah mengejar binatang berbahaya seperti ular atau bermain di tempat yang berisiko semacam jalan raya. Satu lagi, pastikan si kecil tidak bermain dengan perut kosong ya Bunda, hal ini berguna untuk mencegah agar mereka tak sampai masuk angin. Setelah selesai bermain, lap badan mereka dengan handuk kering dan mandikan menggunakan air hangat.
Diatas merupakan ide kreatif bermain untuk si kecil disaat turun hujan. Mulai saat ini, hindari untuk me;larang si kecil bermain saat hujan. Boleh melarang asal alasannya tepat. Jika kondisi anak baik-baik saja, bolehkan untu bermain dan tetap dalam pengawasan ayah dan bunda. Hujan juga dapat dijadikan motivasi si kecil saat sedang sakit agar ia segera sembuh dam bermain dengan hujan kembali.



Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...