-->

GONDONGAN PADA ANAK

GONDONGAN PADA ANAK, praktisi anak usia dini, 

GONDONGAN PADA ANAK
Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan oleh karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Karena itu orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.
Penyakit gondongan merupakan penyakit menular dan umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu virus dari keluarga paramyxovirusyang penyebarannya mirip
dengan virus flu, misalnya apabila kita turut menghirup udara yang terkontaminasi virus gondongan saat berada di dekat penderita gondongan yang bersin atau batuk.
Penyebaran virus gondongan juga bisa terjadi secara tidak langsung atau melalui media perantara, misalnya kita memakai gelas atau handuk yang juga dipakai oleh penderita gondongan. Contoh lainnya adalah apabila penderita gondongan menyentuh mulut atau hidungnya, lalu tangan mereka yang telah terkontaminasi virus memegang gagang pintu, maka kita pun berpeluang tertular apabila turut memegang gagang pintu tersebut.
Virus gondongan akan masuk ke saluran pernapasan dan selanjutnya menuju kelenjar parotid untuk berkembang biak dan berinkubasi selama empat belas hingga dua puluh lima hari.
Jika ada anak yang menyentuh barang-barang yang sudah terpapar virus juga dapat meningkatkan risiko tertular penyakit gondongan ini, misalnya menyentuh gagang pintu, cangkir, sendok, garpu, piring, atau mangkok. Tapi yang menjadikan virus ini mudah dan cepat tersebar di antara anak-anak adalah karena media penularan cukup melalui udara. Bersin dan batuk adalah sarana penyebaran paramyxovirus dari seorang anak kepada anak-anak lain. Banyaknya aktivitas di luar ruangan memungkinkan anak-anak terkena virus paramyxovirus. Virus inilah yang kemudian dapat menimbulkan penyakit gondongan pada anak.
Normalnya, kelenjar air liur yang terletak di sisi wajah dan di bawah telinga tidak terlihat. Ketika tertular virus paramyxovirus, maka akan terjadi pembengkakan pada kelenjar air liur baik pada satu atau kedua sisi muka penderita. Akibatnya, kelenjar akan membesar dan wajah si penderita akan terlihat seperti wajah hamster (hamster face).
Penyakit gondongan umumnya menimpa anak-anak yang belum melakukan vaksin MMR. Vaksin MMR (mumps, measle, rubella), sebagai vaksin yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1988, merupakan kombinasi vaksin yang diperuntukkan melindungi tubuh dari tiga buah penyakit, yaitu gondongan (mumps), campak, dan rubella. Di Indonesia sendiri, vaksin MMR merupakan salah satu yang wajib diberikan kepada anak-anak. Pemberiannya dilakukan pada saat anak berusia 15-18 bulan dengan jeda minimal enam bulan antara pemberian imunisasi campak dan MMR.
Umumnya, gondongan pada anak muncul dalam dua minggu sejak terpapar virus. Beberapa gejala yang mungkin diderita oleh anak-anak yang terkena penyakit ini, antara lain kelelahan, pegal-pegal, sakit kepala, demam dan lenyapnya nafsu makan. Demam tinggi yang dialami anak biasanya mencapai suhu 39,44 derajat Celcius dan muncul beberapa hari setelah gejala awal timbul. Selain demam, ciri khas gondongan pada anak adalah pembengkakan pada kelenjar air liur. Pembengkakan tersebut akan terjadi secara bertahap dan diikuti rasa sakit.
Gejala lain penyakit gondongan pada anak adalah mulut terasa kering. Penderita kemungkinan akan mengalami sakit saat mengunyah atau menelan makanan. Tidak jarang pula perut penderita akan terasa nyeri. Belum ada obat untuk melawan virus penyebab penyakit gondongan pada anak. Beruntung, penyakit ini biasanya membaik setelah seminggu menyerang. Selain membaik dalam waktu cepat, penyakit ini umumnya tidak memberikan efek jangka panjang yang berbahaya.
Meski jarang menimbulkan bahaya, pada kasus tertentu penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan syaraf, hilang pendengaran, radang pankreas, bahkan kematian. Gondongan juga dianggap berbahaya jika diderita oleh ibu hamil. Hal ini bisa meningkatkan risiko keguguran, terutama pada masa kehamilan yang sudah memasuki usia 12-16 minggu.
Karena belum ada obat untuk membunuh virus paramyxovirus, anak-anak yang terkena gondongan biasanya diberi obat paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan gejala demam dan nyeri. Tindakan lain yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala yang timbul akibat gondongan pada anak adalah menjaga asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Hal ini dilakukan terutama ketika demam tinggi melanda anak. Jus buah tidak disarankan untuk diberikan karena merangsang kelenjar parotid memproduksi air liur lebih banyak sehingga akan memperparah rasa sakit. Jika dibutuhkan, mengompres kelenjar yang membengkak dengan air hangat bisa dilakukan juga.

Diagnosis gondongan
Meskipun penyakit gondongan bukan tergolong penyakit serius, dianjurkan untuk menemui dokter jika anak merasakan gejala-gejalanya. Dokter perlu memastikan bahwa Anak memang sakit gondongan karena ada beberapa penyakit lain yang lebih serius (misalnya radang amandel dan demam kelenjar) yang gejalanya mirip dengan gondongan. Diagnosis biasanya didapat dokter setelah mengecek suhu tubuh pasien, melihat dan menyentuh pembengkakan pada sisi wajah, dan setelah melakukan pemeriksaan mulut untuk melihat kondisi amandel.

Pencegahan gondongan

Penyakit gondong bisa dicegah sedini mungkin dengan memberikan imunisasi MMR pada anak. Pemberian vaksin dilakukan saat anak berusia usia 12-18 bulan dan harus diulang sekali lagi ketika dia berusia 6 tahun. Apabila anak terlanjur terdiagnosis sakit gondongan, maka jangan beraktivitas dulu di luar rumah untuk sementara waktu sampai sembuh. Penyakit ini mudah sekali menular ke orang lain, terutama beberapa hari sebelum kelenjar parotid membengkak hingga beberapa hari setelahnya. Jika anak hendak bersin atau batuk, sebaiknya gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung, lalu buang tisu tersebut, setelah itu cuci tangan sampai bersih. Dengan mencuci tangan, maka virus tidak akan menempel pada media-media lain yang berpotensi tersentuh oleh orang lain yang masih sehat.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...