-->

MURAH, MERIAH DAN MENYENANGKAN BERSAMA ANAK

MURAH, MERIAH DAN MENYENANGKAN BERSAMA ANAK


MURAH, MERIAH DAN MENYENANGKAN BERSAMA ANAK
Bunda, bermain dan bersenang-senang bersama si kecil tidak harus dengan mengajaknya ke tempat rekreasi mahal di pinggir kota. Rumah dan lingkungan sekitarnya bisa menjadi area bermain yang 3M alias Murah, Meriah, dan Menyenangkan. Ada beberapa ide menarik yang dapat membuat hari si kecil jadi lebih seru. Disimak ya, Bun.


*Usia di bawah 3 tahun
Masak-Masakan
Bukan cuma anak perempuan yang suka main masak-masakan. Tak mengapa mengajak anak lelaki merecoki Anda saat beraktivitas di dapur. Saat membuat cupcake, misalnya, biarkan ia bereksplorasi dengan kue bagiannya. Sediakan gula halus, butiran coklat meises, serta kelengkapan menghias lainnya. Saat bersamanya di dapur, pastikan si kecil aman dari zona berbahaya. Jauhkan dia dari kompor atau oven yang menyala. Letakkan peralatan seperti mixer dan benda tajam lain di tempat yang tidak dapat dijangkaunya. Jangan lupa juga untuk mengambil gambar saat ia serius dengan proyeknya dan tidak menyadari wajahnya yang sudah dipenuhi tepung, Bun.
Buka Kado
Anda tak perlu membeli mainan baru sebagai isi kadonya. Gunakan saja mainan yang sudah ia miliki. Si kecil akan lebih tertarik dengan kertas pembungkus atau kotak kardus kemasan dibanding isi kado itu sendiri. Bungkus mainan si kecil dengan kertas kado dan pita warna-warni. Tunjukkan dan lihat ekspresi wajah batita Anda saat melihatnya. Ia akan bersemangat sekali untuk segera membukanya. 
Naik Kendaraan
Pernah kan Bunda mengajak si kecil berkeliling sekitar komplek dengan mengendarai motor Ayah? Bisa jadi ini adalah salah-satu aktivitas favoritnya. Batita memang pada umumnya menyukai alat transportasi. Mereka akan berekspresi kegirangan saat melihat kereta mini, delman, atau bahkan angkot dengan warna menarik. Apalagi bila mereka diajak menaikinya. Sesekali boleh juga mengajak si kecil naik kendaraan umum seperti Trans Jakarta. Tapi pastikan keamanan dan kenyamanannya terlebih dahulu. Jangan sampai Anda bersamanya berada di dalam angkot yang penuh sesak dengan penumpang serta bau asap rokok. Tentu si kecil akan merasa tidak nyaman bahkan menangis. 
Pesawat Terbang
Saat mengantar kerabat ke bandara bisa menjadi moment menyenangkan buat batita Anda. Ia dapat melihat langsung bentuk pesawat dan melihatnya mendarat atau lepas landas. Bila tidak memungkinkan untuk melakukannya, Bunda bisa melakukan kegiatan alternatif lain. Jangan buang kertas bekas Anda. Ikuti instruksi origami sederhana untuk membuat pesawat. Lalu terbangkan pesawat kertas yang telah Anda buat di ruang bermain dan teriakkan bersama si kecil, “Pesawat terbaaaaaang…!”
5. Play Dough
Kalo zaman dulu anak-anak bisa bermain dengan tanah lempung di pelataran rumah. Tapi sekarang cara yang lebih modern adalah dengan menggunakan play dough. Anda tidak perlu membelinya, cukup gunakan bahan-bahan yang ada di rumah saja. Campuran tepung, garam, air, sedikit minyak, dan pewarna akan menjadi adonan yang menyenangkan untuk permainan si kecil. Ia bisa melatih kemampuan motoriknya dengan play dough buatan Bunda  ini. Biarkan ia sibuk menggiling dan membentuknya sesuka hati. Setelah ia selesai, simpan kembali adonan di tempat lembab agar tidak mengering. Si kecil masih bisa menggunakannya lagi lain waktu.

*Usia Prasekolah
Kreasi dari Obyek di Alam Terbuka
Bawa anak Anda ke lapangan atau area hijau terdekat. Siapkan kantong plastik, bisa juga ember kecil, untuk ia pegang. Minta si kecil mengumpulkan benda apa saja yang ia sukai lalu memasukkannya ke dalam wadah. Ia bisa mengambil daun, ranting pohon, atau batu-batu kecil. Setiba di rumah, siapkan karton dan lem. Ajak ia menempelkan benda-benda yang ia temukan. Dan jadilah sebuah karya seni dari seorang seniman cilik di rumah Anda.
Mandi Warna
Jadikan waktu mandi si kecil lebih seru dengan warna air yang tidak biasa. Gunakan beberapa tetes pewarna makanan pada bak mandinya. Boleh juga Anda mencampur beberapa warna bersamaan, misalnya campuran biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Jangan khawatir, Bun, sedikit pewarna pada air mandi si kecil tidak akan merubah warna kulitnya.
Berkebun
Siapkan peralatan berkebun untuknya. Ajak ia ke halaman dan biarkan ia menggali tanah, memasukkan benih tanaman, lalu menutup lubang kembali. Jika tak ada halaman yang bisa ia tanami pohon, gunakan pot sebagai medianya. Lanjutkan aktifitas dengan mengajaknya menyiram benih yang ia tanam sendiri. Ia akan semakin senang setelah melihat benih tumbuh menjadi tanaman setelah beberapa hari. 
Perjalanan Waktu
Seperti halnya Anda yang kembali ke masa lalu saat melihat foto dari beberapa tahun sebelumnya, begitu juga dengan si kecil. Ajak ia mengingat kembali masa lalunya. Tunjukkan foto-foto saat ia masih bayi. Atau putarkan video yang merekam saat ia pertama kali belajar berjalan dan pesta ulang tahun pertamanya. Ia akan menikmati melihat dirinya sendiri.
Santapan Satu Warna
Anak-anak suka dengan keseragaman. Coba terapkan pada makanan yang Anda sajikan. Pilih makanan dengan warna yang sama. Gunakan daun pandan serta daun suji untuk mengubah warna beras menjadi hijau, sajikan bersama sop brokoli. Bisa juga Anda mengganti daun suji dengan kunyit untuk mendapatkan nasi dengan warna kuning, lalu hidangkan bersama telur mata sapi dan jus nanas sebagai minumannya. Di kesempatan lain, Anda bisa membuat tumisan wortel ditemani jus jeruk untuk nuansa orange.
*Anak sudah mulai masuk sekolah
Bermain Peran
Biarkan ia berperan sebagai diri Anda dan berpura-puralah menjadi anak kecil seusianya. Ia akan berinisiatif memakaikan piyama, memastikan Anda menggosok gigi dan mencuci muka, serta membacakan cerita sebelum tidur juga mematikan lampu untuk Anda. Ia juga akan berperan sebagai dokter saat Anda mengeluhkan sakit. Lucu sekali melihat ia berperan seperti orang dewasa, Bunda mungkin akan menahan tawa melihat tingkahnya.
Koki Cilik
Beri kesempatan anak Anda untuk menyiapkan makan malam. Jadilah asisten koki kecil Anda. Biarkan ia memutuskan apa yang harus dimasak. Ikuti saja instruksinya saat ia meminta Anda memasukkan sayuran ke rebusan air, menambahkan garam, serta menghidangkannya di piring saji. Bersiap-siaplah untuk terkejut saat Anda mencicipi masakan yang telah jadi. Mungkin masakan si kecil malah lebih enak dari masakan Bunda.
Berkemah
Saat hari mulai gelap, gunakan ruang keluarga Anda sebagai area berkemah. Bangun tenda dari selimut dan sprei. Gunakan juga kantung tidur bila Anda memilikinya. Atau pakai saja bantal serta selimut sebagai kantung tidurnya. Nyalakan api buatan sebagai pengantar bercerita dan bernyanyi. Saat api sudah padam, gunakan senter untuk menciptakan suasana kemunculan bintang di langit-langit tenda.
Hari Pilihan Anak
Pada hari ini ia dapat memutuskan apa yang akan dimakan, apa yang akan ditonton, dan aktivitas lain yang akan dilakukan. Beri nama untuk hari spesial ini agar ia dapat merencanakannya. Lakukan kegiatan hari istimewanya ini di saat libur agar tidak berbenturan dengan jadwal sekolahnya, Bunda.
Berburu Harta Karun
Kegiatan berburu harta karun bisa di lakukan di dalam rumah. Hanya sedikit persiapan yang perlu dilakukan. Tapi kegembiraan yang didapat anak Anda akan berkali-kali lipat. Siapkan catatan seperti “Lihat ke wadah gula di dapur.” Atau buat ia berpkir untuk menemukan jawabannya seperti dengan tulisan “Carilah butiran putih yang rasanya manis.” Bila kemampuan membacanya belum maksimal, buat tulisan yang sederhana saja, bantu ia membacanya, atau cukup dengan menggunakan gambar. Di wadah gula, ia akan menemukan petunjuk lain yang memintanya kemana mencari selanjutnya, misalnya di dalam lemari es atau di bawah keset. Letakkan hadiah kecil di tempat terakhir, misalnya permen. Bukan hadiah yang membuat ia menyukai kegiatan ini tapi tantangan saat pencarian yang membuatnya senang. 

So.. Selamat mencoba yaa Bunda.. Udah murah, meriah.. Menyenangkan lagi!!

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...