-->

CARA AGAR ANAK LANCAR BERJALAN

CARA AGAR ANAK LANCAR BERJALAN

CARA AGAR ANAK LANCAR BERJALAN
Pada akhir-akhir tahun pertamanya, si Kecil mulai menunjukkan kemampuannya untuk berdiri dan berjalan. Awalnya si Kecil masih tidak seimbang dan akan sering terjatuh. Dalam proses ini, Bunda tidak perlu menuntutnya untuk cepat bisa berjalan, karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Apa saja hal yang perlu Bunda perhatikan pada persiapan belajar berjalan ini?

Setelah si Kecil mulai bisa duduk, Bunda dapat memberikan beberapa mainan di depannya dan
menggerakkan ke beberapa arah. Sehingga si Kecil akan berusaha meraih mainan tersebut. Seperti maju dan mulai merangkak sehingga kekuatan leher, punggung, kaki, pinggul, serta tangannya akan berkembang. Dengan demikian ia akan mulai mengangkat tubuh ke posisi berdiri yang aman.

Setelah si Kecil bisa berdiri, Bunda dapat mulai menitah atau memegangi kedua tangannya untuk belajar berjalan. Ketika ia sudah bisa melangkah sendiri, meski satu-dua langkah saja, Bunda dapat berdiri beberapa meter di depannya. Biarkanlah ia mencoba berjalan sendiri, ke arah Bunda.

Setelah si Kecil bisa berjalan, ia akan mulai mengeksplorasi seluruh ruang di rumah. Walaupun sudah bisa berjalan, mungkin sesekali si Kecil masih tidak seimbang dan tersandung. Nah, berikut hal yang bisa Bunda lakukan agar ia lancar berjalan:

1. Berikanlah ruang yang luas dan aman

Ruangan yang terlalu banyak benda akan membuat si Kecil sulit untuk berjalan. Karena barang-barang di sekitar menjadi hambatan baginya dalam menentukan arah jalan. Selain itu, ruangan padat juga berbahaya bagi dia yang belum lancar berjalan. Sebab ada kemungkinan tubuhnya tidak seimbang hingga terjatuh. Keberadaan benda di dekatnya bisa membuat ia terkantuk.

2. Letakanlah beberapa perabot yang kokoh

Furnitur yang kokoh bisa membantu si Kecil sesekali berpegangan kala melintasi ruangan. Namun agar tidak berbahaya, singkirkan meja bersudut tajam yang mungkin akan melukainya. Simpan pula benda-benda yang mudah terjatuh, pecah, dan berpotensi membahayakan si Kecil atau membuatnya tersandung.

3. Berikan pagar pada ujung tangga

Bunda, si Kecil memang sudah bisa berjalan. Tapi di masa belajar, terkadang ia belum dapat menjaga keseimbangan tubuhnya. Karena itu, penting bagi Bunda untuk menjaganya agar tidak menaiki tangga seorang diri. Yang bisa Bunda lakukan adalah memasang pagar pada ujung tangga. Bisa juga melakukan pendampingan ekstra ketat, sehingga Bunda tidak kecolongan saat ia mencoba menaiki tangga sendiri.

4. Pilihlah sepatu yang nyaman di kaki

Ketika Bunda mengajak si Kecil berjalan-jalan di halaman rumah atau berkeliling kompleks, jangan lupa pakaikan alas kaki padanya. Tapi sebaiknya hindari penggunaan sendal jepit. Sebab jemari kakinya yang masih mungil belum bisa mencengkram sendal dengan baik. Hingga ia akan mudah tersandung. Ada baiknya Bunda memberikannya sepatu yang nyaman dengan lapisan sol nan lembut dan elastis. Ini berguna agar ia tidak merasa risih dan berat kala melangkah.

5. Pemilihan alat bantu belajar jalan

Dulu, banyak Bunda yang menggunakan baby walker untuk mengajarkan si Kecil berjalan. Namun sejumlah penelitian menyatakan bila baby walker tidak aman baginya. Bahkan situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menuliskan dalam artikel Penggunaan Baby Walker bila setiap tahunnya banyak balita yang cidera akibat alat bantu jalan itu. Karena itu, Bunda sebaiknya pintar memilih alat bantu jalan untuk si Kecil. Jika terlanjur membelinya, awasilah pemakaiannya dengan ketat.

6. Beri semangat agar tidak selalu minta gendong


Agar lankah si Kecil bertambah stabil dan lancar, ada baiknya Bunda tidak selalu memenuhi keinginannya untuk digendong. Di tahap ini, Bunda dapat memberikannya pujian dan apresiasi ketika berhasil berjalan sendiri. Sehingga ia akan lebih percaya diri dan semangat melakukannya. Selain itu jangan lupa perhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang agar tumbuh kembangnya optimal.

Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...