-->

BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENGENAL FAUNA

BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENGENAL FAUNA

BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENGENAL FAUNA
Bunda, akhir pekan adalah saat yang paling tepat untuk mengajak si Kecil jalan-jalan. Waktu liburan anak bisa diisi dengan mengenal lingkungan termasuk makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan yang menjadi bagian dari alam. Aktivitas rekreasi ini dapat menumbuhkan empati dalam diri anak. Yuk, simak beberapa lokasi wisata yang bisa Bunda pilih agar anak bisa bermain sambil belajar mengenal fauna.
Seaworld, Ancol
Si Kecil pasti senang melihat berbagai macam hewan air di Sea World, Ancol. Di sini terdapat ribuan ikan laut dan air tawar mulai dari yang berukuran kecil hingga raksasa. Ada juga kolam sentuh yang memberi kesempatan pada anak untuk dapat meraba kura-kura, penyu, serta bayi hiu dan manta yang jinak. Pada
jam-jam tertentu, Bunda dan buah hati bisa menyaksikan petugas yang berenang sambil memberikan makanan pada ikan-ikan di kolam utama. Atraksi ini tentunya akan menjadi atraksi yang menarik dan sangat berkesan bagi si Kecil.
Kebun Binatang
Mungkin selama ini si Kecil hanya mendengar nama gajah, zebra, dan jerapah melalui dongeng. Dia juga baru mengetahui bentuk hewan tersebut dari gambar yang Bunda tunjukkan. Nah, Bunda bisa menunjukkan langsung bentuk dan rupa fauna liar yang biasa hidup di hutan kepada anak di kebun binatang. Beberapa kebun binatang yang dapat Bunda kunjungi bersama anak yaitu Kebun Binatang Ragunan (Jakarta) dan Kebun Binatang Gembiraloka (Yogyakarta).
Saat si Kecil bermain sambil belajar mengenal fauna, Bunda bisa sekaligus menyisipkan pesan moral bahwa hewan juga perlu hidup bebas dan diperlakukan penuh kasih sayang. Satu hal lagi, tekankan juga bahwa anak agar selalu berhati-hati bila berada di area hewan buas dan tidak berada terlalu dekat.
Taman Burung
Sesekali, Bunda bisa mengajak si Kecil berkunjung ke taman burung, seperti yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di tempat ini, dia bisa bisa mengenal keistimewaan hewan bersayap tersebut. Misalnya, burung kakaktua yang dapat berbicara, merak yang bisa memamerkan bulu-bulu indahnya, atau burung hantu yang memiliki mata super besar. Selain itu, Bunda dapat menantang nyalinya dengan cara mengajaknya mengambil gambar bersama burung. Jangan khawatir karena burung itu tidak mematuk karena aktivitas berfoto pasti didampingi seorang pawang.
Taman Bermain
Jika lokasi kebun binatang, atau taman burung terlalu jauh dari rumah, maka Bunda bisa mengenalkan fauna pada si Kecil di taman bermain di sekitar kompleks. Taman bermain adalah salah satu tepat eksplorasi anak yang menarik. Ajak anak ke taman pada pagi dan sore hari. Kemudian, kenalkan beberapa jenis fauna yang ditemui. Misalnya, kucing yang berlarian di jalanan perumahan, anjing yang sedang dibawa jalan-jalan oleh pemiliknya, atau bahkan kadal dan bunglon yang merayap di pohon.
Selain itu, si Kecil punya banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya di taman bermain. Dia juga bisa mencoba berbagai fasilitas permainan yang tersedia seperti ayunan atau jungkat-jungkit. Jadi, dengan sekali kunjungan ke taman bermain, kemampuan bersosialisasi anak akan terasah, rasa empati dalam dirinya akan tumbuh, dia juga dapat bereksplorasi sepuasnya di alam.
Jadi, sekarang Bunda bisa punya lebih banyak ide untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak. Habiskan hari libur dengan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Sehingga si Kecil tumbuh semakin cerdas dan selalu ceria.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...