-->

BERMAIN PASIR BISA MENCERDASKAN ANAK

BERMAIN PASIR BISA MENCERDASKAN ANAK

BERMAIN PASIR BISA MENCERDASKAN ANAK
 Ketika musim liburan datang, maka tempat-tempat wisata penuh dengan pengunjung, dan yang tak kalah ramainya adalah pantai. Kenapa pantai menjadi incaran pengunjung? karena pantai menyajikan suasana alam yang alami, jauh dari hiruk pikuk kota dan kepenatan rutinitas kantor atau sekolah. Di pantai ada wahana alam yang disediakan secara gratis, yaitu pasir. Pasir merupakan wahana bermain yang sangat disukai terutama oleh anak-anak. Tekstur pasir memiliki keunikan tersendiri, pasir akan masuk kedalam jemari jika dipegang, bisa dibentuk menjadi bentuk tertentu, dan indera peraba kita akan merasakan sensorik berbeda.

Jika ayah dan bunda memutuskan untuk ke pantai bersama si kecil? Pilihan ayah dan bunda sangat tepat, karena di pantai anak bisa bermain air dan bermain pasir. Bermain pasir untuk anak adalah permainan yang menyenangkan dan mereka akan mendapatkan manfaat dari bermain pasir itu sendiri, yaitu :
1.       Mengembangkan Sensori: Pasir merupakan benda yang tepat untuk memberikan pengalaman sensori pada anak. Anak akan mempelajari tekstur pasir yang basah dan kering. Yanjg halus juga yang kasar.  Tiap-tiap pantai juga memiliki jenis pasir berbeda, baik dari tekstur juga kecerahan warnanya. Dengan begitu, sensosi atau peraba anak akan secara tidak langsung di stimulus.
2.       Mengembangkan Kreativitas: Bermain pasir dapat merangsang kreativitas anak. Lengkapi aktivitas bermain pasir anak dengan memberikan beberapa peralatan pendukung, seperti sekop, sendok, dan beberapa cetakan bentuk tertentu. Biarkan anak membuat pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitas, keinginan dan imajinasinya.
3.       Mengembangkan Sosialisasi dan emosi: Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama. Biarkan anak bekerjasama bersama temannya, kemampuan ini mesti dilatih sejak kecil, karena kemampuan bersosialisasi sangat bermanfaat di kemudian hari. Bermain pasir juga dapat menenangkan hati dan perasaan anak yang sedang sedih.
4.       Mengembangkan Bahasa: saat bermain pasir, anak dapat pula bermain peran jika memang mendukung. Misalnya anak membentuk pasir menjadi bentuk hewan  disitu anak akan belajar memerankan hewan yang diinginkannya.
5.       Melatih fisik atau mengembangkan motorik: Saat bermain pasir, kemampuan fisik anak akan terasah. Anak akan menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat pasir dan membuatnya menjadi berbagai bentuk.
6.       Mengembangkan Kognitif: Anak melihat perbedaan pasir basah dan pasir kering, menambah kosa kata tentang kering dan basah, kental dan encer, kasar dan halus. Anak melihat jumlah pasir yang sama, punya bentuk berbeda bila dimasukkan ke dalam tempat berbeda. Belajar sebab-akibat, apa yang terjadi bila pasir basah diberi pasir kering, ketika pasir basah ditambah air, ketika pasir basah dituang dari ember, dan sebagainya.
Untuk ayah dan bunda  yang tidak bisa liburan ke pantai, ada solusi yang bisa dilakukan agar bisa bermain pasir didalam rumah. Nah loh?! jadi kotor donk rumahnya, belepotan sama pasir pantai. Jawabannya TIDAK jika bermainnya menggunakan Pasir Kinetik. Pasir kinetik merupakan campuran pasir dengan bahan sintetis yang berbahan aman menghasilkan pasir yang memiliki tekstur lebih lembut dari pasir pantai, tidak berantakan, dan hanya menempel pada pasir kinetik itu sendiri.


Disqus Comments

BBS Care Pro 1MHz Ultrasonic Massager and UB Serum Lifting and Toning Mesotherapy

Please see the attached photographs to see the quality of this product. I have tried my best to take every angle and detail for your conveni...